Padang Heritage


Padang Heritage lahir untuk menjadi wadah dalam mengenal lebih dekat cagar budaya di Kota Padang serta menumbuhkan semangat dan kepedulian untuk pelestarian heritage terutama banguan tua di Kota Padang.

Padang Heritage telah berdiri sejak 22 Maret 2016 lalu yang digagas oleh Bayu Haryanto. Mulai aktif pada 5 Januari 2017 dengan posting di Instagram @padangheritage. Kemudian pada 8 Januari 2017 menggelar kegiatan pertama yaitu Padang Heritage Walk.

Padang heritage memiliki visi menjadi media informasi, sarana edukasi dan gerakan pelestarian warisan cagar budaya di Kota Padang. Dengan misinya menyebarluaskan informasi warisan cagar budaya di Kota Padang dan melaksanakan kegiatan yang mengedukasi masyarakat akan pentingnya pelestarian warisan cagar budaya di Kota Padang.

Padang Heritage membuka diri bagi siapa saja yang memiliki keterkaitan terhadap dunia sejarah, banguan tua dan warisan budaya lainnya di Kota Padang. Kegiatan Padang Heritage bersifat online dan offline. Kegiatan online-nya berupa pubikasi melalui akun Instagram Padang Heritage yang menjadi saran promosi dan edukasi bagi masyarakat dalam mencari informasi cagar budaya di Kota Padang dan sekitarnya. Informasi yang ditampilkan berupa foto dan video dengan caption yang informatif sehingga dapat menjadi referensi dalam mencari banguan cagar budaya di Kota Padang.

Untuk kegiatan offline-nya, yakni pertama Padang Heritage Walk, merupakan perpaduan dari kegiatan wisata dan edukasi dengan menjelajah beberapa tempat cagar budaya di Kota Padang yang dipandu oleh seorang guide. Formatnya jalan-jalan sembari belajar.,mendata, mendokumetasikan, dan bercerita. Kedua, kegiatan mengedukasi masyarakat dengan menyelenggarakan kegiatan workshop, seminar, diskusi lepas hingga bedah buku seputar pelestarian cagar budaya di Kota Padang dengan mendatangkan pakar. Kegiatannya baik diselenggarakan oleh Padang Heritage atau kolaborasi.

Berikut ini tulisan mengenai cagar budaya yang ada di Kota Padang dan Minangkabau:

Padang Heritage:
  1. Sekilas Sejarah Kota Padang dan Kawasan Kota Tua Padang
  2. Daftar Bangunan Cagar Budaya Kota Padang
  3. Benteng dan Bungker Gunuang Padang
  4. Jembatan Siti Nurbaya
  5. Gedung De Javasche Bank/ Bank Indonesia Muaro Padang
  6. Gedung Padangsche Spaarbank
  7. Gedung Geo Wehry & Co
  8. Tugu Joang Soematra 
  9. Tugu Tigo Tali Sapilin
  10. Masjid Muhammdan 
  11. Masjid Raya Gantiang
  12. Kelenteng See Hin Kiong
  13. Stasiun Pulau Air
  14. Bunker dan Mercusuar Bukit Lampu
  15. Pabrik Indarung I PT. Semen Padang
  16. Jembatan Air PLTA Kuranji Batu Busuk

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...